Bearing berpelumas memungkinkan rotor turbin berputar dan mencegah kontak logam dengan logam pada bagian yang diam/stationer dan bagian yang bergerak. Minyak pelumas mengurangi panas yang dihasilkan pada bearing-bearing turbin tersebut serta mengurangi gaya gesek antara bearing dengan rotor. Pada turbin terdapat dua jenis bearing yang keduanya dilalui oleh minyak pelumas, yaitu journal bearing dan thrust bearing. Secara umum, fungsi pelumas adalah sebagai berikut :
-
Mencegah/mengendalikan/mengurangi
gesekan.
-
Mencegah/mengendalikan/mengurangi
keausan.
-
Mencegah/mengendalikan/mengurangi
panas.
- Mencegah/mengendalikan/mengurangi
kotoran sebagai pembersih dan reseptor kontaminasi.
-
Mencegah/mengendalikan/mengurangi
korosi.
-
Sebagai
peredam getaran.
Karena
begitu pentingnya fungsi dari minyak pelumas pada sistem pelumas turbin, maka
pelumas memiliki
katakteristik minyak pelumas sesuai standar. Minyak pelumas mempinyai sifat dan
fungsi yang sesuai dengan kebutuhan dan sifat dari material itu sendiri.
Berikut adalah beberapa sifat-sifat minyak pelumas :
- Kekentalan
(viscosity)àViskositas merupakan ukuran kekentalan
fluida yang menyatakan besar kecilnya tingkat
keenceran dalam fluida.
- Index
kekentalan (viscosity index)àUkuran sensitifitas/kestabilan
kekentalan terhadap temperatur.
- Titik
tuang (pour point)àMengukur kemampuan pelumas untuk tetap
dapat mengalir pada temperatur rendah.
- Titik
nyala (flash point)àTitik nyala pelumas.
- Total
base number (TBN) àMenunjukkan jumlah senyawa-senyawa
yang bersifat basa yang ada pada pelumas, TBN berasal dari additive detergent
yang ditambahkan kedalam pelumas, senyawa-senyawa basa dalam pelumas dibutuhkan
untuk menetralisir senyawa asam yang terbentuk.
- Total
acid number (TAN) àAdalah ukuran asam organik lemah dan
kuat dalam pelumas.
- Kemampuan
memisahkan air (demulsibility) àKemampuan pelumas untuk
memisahkan air.
-
Sifat
anti karat (anti rust) dan sifat anti korosi (anti corrosion).
Untuk memastikan kondisi minyak
pelumas turbin, maka dilakukan pengambilan sample minyak pelumas turbin yand
diambil dari MOT (main oli tank). Secara visual dari sma[le minyak pelumas
turbin unit 1 menunjukkan tidak mengalami kontaminasi air, tetapi untuk lebih
detailnya perlu dilakukan pengujian di laboratorium (uji minyak pelumas).
No comments:
Post a Comment