Uji Tribology Oli Pelumas

Bearing berpelumas memungkinkan rotor turbin berputar dan mencegah kontak logam dengan logam pada bagian yang diam/stationer dan bagian yang bergerak.  Minyak pelumas mengurangi panas yang dihasilkan pada bearing-bearing turbin tersebut serta mengurangi gaya gesek antara bearing dengan rotor. Pada turbin terdapat dua jenis bearing yang keduanya dilalui oleh minyak pelumas, yaitu journal bearing dan thrust bearing. Secara umum, fungsi pelumas adalah sebagai berikut :

-     Mencegah/mengendalikan/mengurangi gesekan.

-     Mencegah/mengendalikan/mengurangi keausan.

-     Mencegah/mengendalikan/mengurangi panas.

-  Mencegah/mengendalikan/mengurangi kotoran sebagai pembersih dan reseptor kontaminasi.

-     Mencegah/mengendalikan/mengurangi korosi.

-     Sebagai peredam getaran.

Karena begitu pentingnya fungsi dari minyak pelumas pada sistem pelumas turbin, maka pelumas memiliki katakteristik minyak pelumas sesuai standar. Minyak pelumas mempinyai sifat dan fungsi yang sesuai dengan kebutuhan dan sifat dari material itu sendiri. Berikut adalah beberapa sifat-sifat minyak pelumas :

- Kekentalan (viscosity)àViskositas merupakan ukuran kekentalan fluida yang menyatakan besar kecilnya tingkat keenceran dalam fluida.

- Index kekentalan (viscosity index)àUkuran sensitifitas/kestabilan kekentalan terhadap temperatur.

-   Titik tuang (pour point)àMengukur kemampuan pelumas untuk tetap dapat mengalir pada temperatur rendah.

-    Titik nyala (flash point)àTitik nyala pelumas.

-   Total base number (TBN) àMenunjukkan jumlah senyawa-senyawa yang bersifat basa yang ada pada pelumas, TBN berasal dari additive detergent yang ditambahkan kedalam pelumas, senyawa-senyawa basa dalam pelumas dibutuhkan untuk menetralisir senyawa asam yang terbentuk.

-  Total acid number (TAN) àAdalah ukuran asam organik lemah dan kuat dalam pelumas.

- Kemampuan memisahkan air (demulsibility) àKemampuan pelumas untuk memisahkan air.

-     Sifat anti karat (anti rust) dan sifat anti korosi (anti corrosion).

Untuk memastikan kondisi minyak pelumas turbin, maka dilakukan pengambilan sample minyak pelumas turbin yand diambil dari MOT (main oli tank). Secara visual dari sma[le minyak pelumas turbin unit 1 menunjukkan tidak mengalami kontaminasi air, tetapi untuk lebih detailnya perlu dilakukan pengujian di laboratorium (uji minyak pelumas).


No comments:

Post a Comment